Pengertian
GUI atau Graphical User Interface dalam dunia komputer GUI yaitu suatu media virtual yang dapat membuat pengguna memberikan
perintah tertentu pada komputer tanpa mengetik perintah tersebut, namun
menggunakan gambar yang tersedia.
Pada komputer terdapat GUI atau antarmuka
pengguna secara grafis. Istilah ini bukan hal
yang lumrah pada saat awal kemunculan
komputer. Namun setelah komputer generasi
keempat mulai diciptakan, munculnya televisi
berwarna (yang mendorong pada penciptaan
layar monitor berwarna) serta evolusi pada
perangkat penampil gambar (graphic adapter
atau graphic card atau video card) membuat komputer mulai mendapatkan suatu sistem baru.
Kelebihan GUI :
1. Desain Grafis lebih menarik.
2. GUI memberikan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
3. Memudahkan user.
4. Menarik keinginan pengguna.
5. Resolusi gambar yang tinggi.
Kekurangan GUI :
1. Menggunakan memory yang sangat besar.
2. Bergantung pada perangkat keras.
3. Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer.
4. Tidak fleksibel.
Pengembangan Aplikasi dengan GUI
Dalam
merancang GUI, kita sering dihadapkan pada kejenuhan. Hal ini
disebabkan karena kita mengalami kebuntuan IDE dalam merancang GUI. Satu
hal yang perlu di igat bahwa merancang GUI (Terutama dalam Java)
membutuhkan Imajinasi yang cukup tinggi, oleh karena itu diperlukan
langkah-langkah perancangan dalam merancang GUI dalam aplikasi java yang
kita buat. Yang paling utama, kita harus mengetahui kebutuhan/keinginan
client akan program yang akan dibuat (Warna, tema, dll). hal ini
dilakukan untuk menyesuaikan antara kebutuhan dan keinginan client
dengan aplikasi. tapi ingat, jangan biarkan mereka mendikte kita dengan
program yang akan kita buat (Tanyakan keinginan Client, tapi jangan
biarkan Client Mendesain Aplikasinya). Tanyakan saja hal-hal yang
kira-kira perlu diketahui (Warna, tema, dll). Selanjutnya, dalam
mendesain GUI, sebelum membuat/merancang GUI pada IDE (Netbeans,
Eclipse, Dll), Buat Dulu Sketsa dari GUI yang akan dibuat. Ini penting
agar tidak terjadi kebuntuan dalam merancang GUI Aplikasi. Wah repot
donk??, gak juga, karena selain memudahkan dalam merancang GUI, sketsa
ini juga sangat berguna dalam mendokumentasikan aplikasi yang dibuat.
Romain Guy dalam presentasinya pernah menyatakan "Semakin cepat kita
mulai membuat (meng-koding) aplikasi semakin lama aplikasi selesai".
Study Kasusnya adalah kita akan membuat GUI untuk Login Pengguna, maka
sebelum membuat Login pengguna di IDE, maka terlebih dahulu kita buat
Sketsanya. Bagusnya, pada Sketsa ditambahkan keterangan-keteangan yang
dianggap perlu. Setelah dibuat sketsanya, langkaj berikutnya adalah
membuat GUI pada IDE sesuai dengan Sketsa yang dibuat.
Contoh Aplikasi Berbasih GUI:
- JAVA
- MySQL
refrensi : http://amdturion.webs.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar