Senin, 12 Mei 2014

Dialog

Dialog Desain

Dialog adalah percakapan antara dua kelompok atau lebih. Sedangkan dialog dalam konteks perencanaan user interface adalah struktur dari percakapan antara user dan sistem komputer.



Bahasa Komputer dapat dibagi atas tiga tingkatan:

  •     Leksikal:

        Merupakan tingkatan yang paling rendah
        yaitu bentuk icon pada layar.
        Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata

  •     Sintaksis

        Yaitu urutan dan struktur dari input dan output
        Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan grammar suatu kalimat

  •     Semantik

        Yaitu arti dari percakapan yang berkaitan dengan pengaruhnya pada struktur data internal komputer dan/atau dunia eksternal
        Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan arti yang berasal dari partisipan dalam percakapan

Dalam user interface, istilah dialog hampir mirip dengan tingkat sintaksis, tetapi juga meliputi sifat-sifat leksikal

Dialog Manusia - Komputer:

    Berbeda dengan dialog antar manusia pada umumnya, dialog dengan komputer biasanya terstruktur dan terbatas
    Beberapa ciri-ciri dari dialog terstruktur yang nantinya ditemukan dalam dialog komputer
        Menyebutkan beberapa hal tertentu secara berurutan
         Beberapa bagian dari dialog dilakukan secara bersamaan
        Dialog berikutnya tergantung pada respon dari partisipa
        Dialog terstruktur biasanya tidak langsung menuju pada arti kata- katanya / semantik tapi pada level sintaksis

Proses Perancangan Dialog

Advice:

    Rangkaian dialog menggambarkan struktur tugas
    Beberapa rangkaian dialog tambahan digunakan untuk user support, misalnya: help system, tutorial sub-sistem
    Rangkaian dialog diurutkan sesuai dengan struktur tugas
        Prinsip yang digunakan dalam desain dialog adalah membagi sistem menjadi beberapa bagian yang disebut module
        Biasanya user access bukan merupakan bagian dari task desription, tapi harus dimasukan dalam sistem yang baru
        Empat hal utama dalam desain yang harus diperhatikan dalam GUI metaphor:
            Pemilihan dan representasi dari conceptual metaphor
            Representasi dari obyek interaktif dalam metaphor
            Perancangan manipulasi untuk mengimplementasikan user action
            Desain micro-metaphor untuk control action dan representasi dari commands

Dalam mendesain dialog, diperlukan deskripsi yang terpisah dari program secara keseluruhan
Mengapa perlu digunakan notasi deskripsi dialog yang terpisah?

    Agar mudah di analisa
    Pemisahan elemen-elemen interface dari logika program (semantik)
    Apabila notasi dialog ditulis sebelum program dibuat, maka notasi tersebut bisa membantu desainer untuk menganalisa struktur yang diajukan

Notasi Diagramatik

    Notasi Diagramatik paling sering digunakan dalam desain dialog
    Kelebihan: memungkinkan desainer untuk melihat secara sekilas struktur dialog
    Kekurangan: sulit untuk menjelaskan struktur dialog yang lebih luas dan kompleks

Contoh Notasi Diagramatik:

    State Transition Networks (STN)
    Hierarchical STN
    Harel’s State Charts
    Traditional Flow Diagrams (Flow Charts)
    JSD Diagrams

State Transition Network (STN)
Komponen STN:

    Lingkaran: Menggammbarkan "state" dari sistem
    Tanda Panah: Yang terdapat pada state disebut juga transisi. Tanda panah ini diberi label yang menjelaskan tentang tindakan user yang menyebabkan transisi dan respon dari sistem

STN dapat menggambarkan beberapa pilihan dialog:

    Urutan tindakan dan respon dari sistem
    Pilihan bagi user
    Iterasi

Hierarchical State Transition NetworksStruktur Hierarchical STN mirip dengan STN, namun memiliki tambahan berupa gabungan state. Penggunaan hirarki STN ini seperti menggabungkan beberapa STN kedalam satu diagram besar, sehingga model ini dapat digabungkan untuk sistem - sistem yang besar. STN hirarki dapat digunakan untuk mendeskripsikan suatu sistem yang lengkap.

Harel's State Chart

Dapat digolongkan sebagai kelmpok STN. Dibangun untuk mensfesifikasikan secara visual sistem relatif yang kompleks dan mampu mengakomodasi masalah seperti concurrancy dan escape.

Flowchart

    Flowchart digunakan untuk mendeskripsikan dialog yang sederhana
    Flowchart mudah dimengerti dan simple

Jackson Diagram JSD (Jackson Structured Design) diagram digunakan untuk berbagai aspek dari analis istugas dan notasi dialog

Jenis - Jenis Dialog

    Command Language
        Merupakan paradigma user interface yang pertama kali
        Contoh: MS-DOS shell, UNIX shell, dBase
        Keuntungan:
            Lebih cepat
            Dapat melakukan kegiatan meskipun di luar batas
            Perulangan
            Implementasi yang mudah dan hemat

        Tujuan:
            Konsistensi
            Penamaan dan pemberian singkatan yang baik
            Melakukan tugas perancangan dapat membantu meminimalkan kekurangan

    WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer) Berfokus pada Menus, Buttons, Forms, Icons
    Direct Manipulation
        Definisi:
            Kesinambungan tampilan dari objek-objek dan aksi-aksi yang dilakukan
            Cepat, dapat dikembalikan, peningkatan aksi dimana efeknya dapat segera terlihat
            Penggantian dari sintaks command language dengan manipulasi langsung pada objek

        Keuntungan:
            Mudah dipelajari dan diingat, khususnya untuk pemula
            WYSIWYG
            Fleksibel: Menyediakan konteks dan tampilan yang cepat dari feedback, sehingga user dapat mengetahui apakah tujuan telah tercapai
            Membatasai beberapa jenis kesalahan yang dapat terjadi

        Kekurangan:
            Penggunaan seluruh ruang pada layar
            Harus mempelajari arti dari komponen-komponen yang tampak pada layar
            Tampilan visual mungkin dapat disalah artikan
            Penggunaan mouse dapat lebih lambat daripada pengetikan
            Tidak ada penjelasan otomatis
            Tidak bagus pada: pengulangan, penyimpanan history, tugas tertentu (seperti merubah semua huruf cetak miring menjadi cetak tebal), variabel

    PDA dan Pen
        Menjadi lebih umum dan penggunaan yang lebih luas
        Tampilan yang lebih kecil (160x160 atau 320x240)
        Tombol-tombol yang lebih sedikit, interaksi melalui “pen” (atau stylus)
        Peningkatan wireless, warna, memory yang lebih besar, CPU dan OS yang lebih baik
        Palmtop vs Handheld

    Speech dan Natural Language

        Speech (Suara): Adalah getaran pada suara menimbulkan bunyi “ahh”. Mulut, tenggorokan, bibir membentuk bunyi
        Input speech:
            Pengenalan speaker
            Pengenalan suara
            Pemahaman bahasa natural

        Natural Language:
            Memberi arti pada kata-kata
            Input dapat berupa suara atau dari keyboard

        Keuntungan:
            Mudah dipelajari dan diingat
            Lebih kuat
            Cepat, efisien (tidak selalu)
            Layar yang kecil

        Kekurangan:
            Belum dapat bekerja dengan baik
            Mengasumsikan pengetahuan dari permasalahan
            Membutuhkan keahlian pengetikan. Peningkatan tidak terlihat
            Implementasi membutuhkan biaya yang mahal

Dialog Style

Dialog style

Command language

Sebuah bahasa perintah adalah domain-spesifikbahasa ditafsirkan , sebuah contoh umum dari bahasa perintah yang shell atau bets bahasa pemrograman . These languages can be used directly at the command line , but can also automate tasks that would normally be performed manually at the command line. Bahasa ini dapat digunakan langsung pada baris perintah , tetapi juga dapat mengotomatisasi tugas-tugas yang biasanya dilakukan secara manual pada baris perintah. They share this domain – lightweight automation – with scripting languages , though a command language usually has stronger coupling to the underlying operating system . Mereka berbagi domain penuh – otomatisasi ringan – dengan bahasa scripting , meskipun bahasa perintah biasanya memiliki lebih kuat kopling ke mendasari sistem operasi . Command languages often have either very simple grammars or syntaxes very close to natural language , to shallow the learning curve , as with many other domain-specific languages. Bahasa perintah seringkali memiliki tata bahasa baik sangat sederhana atau sintaks yang sangat dekat dengan bahasa alami , untuk dangkal kurva belajar , seperti banyak lainnya domain-spesifik bahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar