Selasa, 30 Oktober 2012

Bab 3 Hal 2



PENGERTIAN INDIVIDU
“INDIVIDU” BERASAL DARI KATA LATIN “INDIVIDUUM” ARTINYA “YANG TAK TERBAGI”, Individu merupakan sebutan yang dapat untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas.
Kata individu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tak dapat dibagi melainkan sebagai kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan,(pendapat Dr. A. Lysen)

PENGERTIAN KELUARGA
1)      Menurut Sigmund Freud keluarga itu terbentuk karena adanya perkawinan pria dan wanita
2)      Adler berpendapat bahwa mahligai keluarga itu dibangun berdasarkan hasrat atau nafsu berkuasa
3)      Durkhiem berpendapat bahwa keluarga adalah lembaga social sebagai factor-faktor politik, ekonomi dan lingkungan
4)      Ki Hajar Dewantara berpendapat bahwa keluarga adalah kumpulan beberapa orang yang karena terkait oleh satu turunan lalu mengerti dan merasa berdiri sebagai gabungan yang hakiki, esensial, enak dan berkehendak bersama-sama memperteguh gabungan itu memuliakan masing-masing anggotanya.

PENGERTIAN MASYARAKAT
Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, adat-istiadat yang sama-sama dalam lingkungannya.
-          DRS. JBAF MAYOR POLAK, Menyebut masyarakat (society) adalah wadah segenap antar hubungan social terdiri atas banyak sekali kolektiva-kolektiva serta kelompok dan tiap-tiap kelompok terdiri atas kelompok-kelompok lebih baik atau sekelompok.
-          PROF.M.M. DJOJODIGUNA, Masyarakat adalah suatu kebulatan daripada segala perkembangan dalam hidup bersama antara manusia dengan manusia.
-          HASAN SADILY, Masyarakat adalah suatu keadaanbadan atau kumpulan manusia yang hidup bersama.

Masyarakat dapat di golongakan menjadi 2, yaitu:
1.      Masyrakat Sederhana
2.      Masyarakat Maju (Modern)

Masyarakat dapat dibedekan dengan:
1.      Masyarakat Non Industri
2.      Masyarakat Industri

Contoh Masyarakat Non Industri adalah Keluarga, Rukun Tetangga, Kelompok Belajar, Kelompok Agama, Dan Sebagainya
Contoh Masyarakat Industri seperti Tukang Roti, Tukang Sepatu, Tukang Bubut, Tukang Las, Ahli Mesin, Ahli Listrik dan ahli Dinamo

HUBUNGAN ANTARA INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

MAKNA INDIVIDU
Manusia adalah mahluk individu, berarti mahluk yanag tidak dapat di bagi-bagi, tidak dapat di pisah-pisah antara jiwa dan raganya.
Contoh: kegembiraan atau kecewa akan terpaut dengan jiwa dan raganya.

Kenyataan yang kita dapati dalam kehidupan sehari-hari setiap individu berkembang sejalan dengan ciri-ciri khasnya, walaupun dalam kehidupan lingkungan yang sama.
Contohnya: Anak Kembar

Untuk menjadi individu yang “mandiri” harus melalui proses, manusia di lahirkan ia membutuhkan proses pergaulan dengan orang lain untuk memenuhi kebutuhan bathibiah dan lahiriah yang membentuk dirinya (Sigmund Freud, Super Ego Pribadi manusia sudah mulai terbentuk pada manusia berumur 5-6 tahun)

MAKNA KELUARGA
Keluarga adalah merupakan kelompok primer yang paling penting di dalam masyarakat. Keluarga mempunyai 5 macam sifat yang penting.
Hubungan suami-istri
Bentuk perkawinan dimana suami-istri itu di adakan dan di pelihara
Susunan nama-nama dan istilah-istilah termasuk cara menghitung keturunan, patrilineal keturunan garis wanita (minangkabau) hak yang di urus oleh adik atau saudara perempuan adalah avonculat.

MAKNA MASYARAKAT
1. R. linton, Seorang ahli antropology mengemukakan, bahwa masyarakat adalah setiap      kelompok manusia yang telah cukup lama hidup dan bekerjasama, sehingga mereka itu dapat mengorganisasikan dirinya dan berfikir tenteng dirinya sebagai satu kesatuan social dengan batas-batas tertentu.
M.J.HERSKOVIST, Menulis bahwa masyarakat adalah kelompok individu yang di organisasikan dan mengikuti satu cara hidup tertentu.
J.L. GILLIN DAN J.P. GILLIN, Mengatakan bahwa masyarakat adalah kelompok manusia yang terbersar dan mempunyai kebiasaan, tradisi, sikap dan perasaan persatuan yang sama
S.R. STEINMETZ, Seorang sociology belanda, mengatakan bahwa masyarakat adalah kelompok manusia yang terbesar yang meliputi pengelompokan-pengelompokan manusia yang lebih kecil yang mempunyai perhubungan yang erat dan teratur
2. Kesimpulan dari definisi-definisi yang dikemukakan di maknamasyarakat
harus ada pengumpulan manusia dan harus banyak, bukan pengumpulan binatang
telah bertempat tinggal dalamwaktu yang lama dalam suatu daerah tertentu
adanya aturan-aturan atau undang-undang yang mengatur mereka untuk menuju kepada kepentingan dantujuan bersama.
hasan shadly,  mendefinisikan masyarakat  adalah  golongan  besar  atau kecil dari beberapa manusia,dengan atau karena sendirinya, bertalian secara golongan  dan mempunyai pengaruh kebatinan satu  sama lain
kelompok  manusia yang  di maksud  oleh  r. linton yang  belum terorganisasikan mengalami  proses yang fundamental, yaitu
-          Adaptasi dan organisasi dari tingkah laku para  anggota
-          Timbul perasaan berkelompok secara lambat laun atau lesprit decorps

Menurut elwood, faktor-faktor yangmenyebabkan manusia hidup bersama, adalah
Dorongan untuk mencari makan;penyelenggaran untuk mencarimakanan itu lebih mudah dilakukandengan bekerjasama
Dorongan untuk mempertahankandiri; terutama pada keadaanprimitif; dorongan  ini merupakan cambuk untuk bekerjasama
Dorongan untuk melangsungkan jenis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar