Selasa, 30 Oktober 2012

ISD BAB 3



PERTUMBUHAN INDIVIDU

PENGERTIAN INDIVIDU
“INDIVIDU” BERASAL DARI KATA LATIN “INDIVIDUUM” ARTINYA “YANG TAK TERBAGI”
Dalam ilmu social paham individu menyangkut tabiatnya dengan kehidupan jiwa yang majemuk memegang peranan dalam pergaulan hidup manusia.
Di simpulkan bahwa individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas lingkungan sosialnya, melainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingka spesifik dirinya.

PENGERTIANPERTUMBUHAN
Terdapatnya perbedaan pendapat diantara para ahli, namun diakui bahwa pertumbuhan itu adalah suatu perubahan yang menuju kearah yang maju dan lebih dewasa.
Para ahli yang menganut aliran asosiasi berpendapat, bahwa pertumbuhan pada dasarnya adalah proses asosiasi (proses asosiasi yang primer adalah bagian-bagian).
Dapat dirumuskan bahwa proses asosiasi yaitu terjadinya perubahan pada seseorang secara tahap demi tahap karena pengaruh baik dari pengalaman atau empiris luar melalui panca indera yang menimbulkan sensasi maupun pengalaman dalam mengenai keadaan bathin sendiri yang menimbulkan reflexionis.
Konsep aliran sosiologi dimana ahli dari pengikut aliran ini menganggap bahwa pertumbuhan itu adalah proses sosialisasi, yaitu proses perubahan dari sifat mula-mula yang asosiasi atau juga social kemudian tahap demi tahap di sosialisasikan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN
1.      Pendirian Nativistik
Pertumbuhan individu itu semata-mata di tentukan oleh factor-faktor yang dibawa sejak lahir
2.      Pendirian Empiristik Dan Environmentalistik
Pertumbuhan individu semata-mata tergantung pada lingkungan sedang dasar (bakat) tidak berperan sama sekali
3.      Pendirian Konvergensi Dan Interaksionisme
Konsepsi konvergensi ialah konsepsi interaksionisme yang berpandangan dinamis yang menyatakan bahwa interaksi antara dasar (bakat) dan lingkungan dapat menentukan individu

TAHAP PERTUMBUHANINDIVIDU
·         Masa vital, dari 0,0 sampai kira-kira 2,0 tahun
·         Masa estetik, dari umur kira-kira 2,0 tahun sampai kira-kira 7,0 tahun
·         Masa intelektual, dari kira-kira 7,0 tahun sampai kira-kira 13,0 atau 14,0 tahun
·         Masa social, kira-kira umur 13,0 tahun atau 14,0 tahun sampai kira-kira umur 20,0 tahun atau 21,0 tahun

INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

FUNGSI-FUNGSI KELUARGA
-          Keluarga pada umunya, diketahui terdiri seorang individu (suami), individu lainya (istri) yang selalu berusaha menjaga rasa aman dan ketentraman ketika menghadapi segala suka duka hidup dalam eratnya ikatan luhur hidup bersama.

Pengertian Fungsi Keluarga
Fungsi keluarga adalah suatu pekerjaan-pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilaksanakan di dalam atau oleh keluarga itu

-          Keluarga sebagai kelompok pertama yang di kenal individu sangat berpengaruh sacera langsung terhadap perkembangan individu sebelum maupun sesudah terjun langsung secara individual di masyarakat

MACAM-MACAM FUNGSI KELUARGA
Pekerjaan-pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh keluarga itu dapat di golongkan/dirinci ke dalam beberapa fungsi, yaitu:
-          Fungsi Biologis
-          Fungsi Pemeliharaan
-          Fungsi Ekonomi
-          Fungsi Keagamaan
-          Funbgsi Sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar